Jumat, 28 Mei 2010

OC Kaligis Daftar jadi Pimpinan KPK

Polkam / Kamis, 27 Mei 2010 16:18 WIB

Metrotvnews.com, Jakarta: Advokat senior Otto Cornelis Kaligis, Kamis (27/5) mendaftarkan diri menjadi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

OC Kaligis mendaftarkan diri dengan menyerahkan sendiri berkas pendaftaran ke sekretariat panitia seleksi calon pimpinan KPK di Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta.

"Saya melihat banyak pelanggaran di KPK. Saya ambil keputusan untuk tutup kantor dan memimpin KPK selama empat tahun," kata Kaligis kepada wartawan.

Dia menilai KPK belum sempurna dalam melakukan pemberantasan korupsi. Hal itu, katanya, antara lain terlihat pada nuansa tebang pilih dalam penanganan kasus.

Berbekal pengalaman selama lebih dari 40 tahun di bidang hukum, Kaligis merasa mampu menjadi pimpinan KPK. Bahkan, dia mengaku siap pendapatannya berkurang karena menjadi pimpinan KPK.

Kaligis menyerahkan berkas pendaftaran langsung kepada petugas pendaftaran calon pimpinan KPK. Namun demikian, petugas belum bisa menerima berkas tersebut sehubungan masih ada kekurangan dokumen.

Berdasar catatan petugas, Kaligis belum menyertakan surat keterangan kesehatan, surat keterangan bukan pengurus partai politik, pas foto, dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) atau yang juga dikenal dengan Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB).

Rencananya, Kaligis akan melengkapi kekurangan itu dan kembali menyerahkan berkas pendaftaran kepada panitia.

Panitia seleksi akan mencari dua calon pimpinan KPK. Kedua calon itu nantinya akan dilaporkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan diteruskan ke DPR untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan.

Setelah itu, DPR akan memilih salah seorang di antaranya untuk dilantik menjadi pimpinan KPK. (Ant/ICH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar