Kamis, 27 Mei 2010

BI Pekanbaru Pertanyakan Pengunaan Dana CSR BNI

Ekonomi / Kamis, 27 Mei 2010 20:05 WIB

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Bank Indonesia (BI) Pekanbaru, Riau, mempertanyakan kinerja BNI 46 Cabang Pekanbaru yang menggunakan dana CSR (Corporate social responsibility). Uang itu digunakan untuk menyeponsori penyelenggaraan konser jazz bertajuk, "Riau Jazzin Blast 2010".

"Penggunaan dana CSR untuk konser jazz adalah tidak lazim," kata peneliti ekonomi madya BI Pekanbaru, Yenita Lisna di Pekanbaru, Kamis (27/5).

Ia mengatakan, BNI sebagai bank berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki kewajiban untuk menyalurkan dana CSR. Salah satu bentuk program yang dibiayai dana tanggung jawab sosial adalah program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL). Namun, ia mengatakan tidak memahami dasar hukum bank tersebut menyalurkan dana CSR untuk mencari untung dalam penyelenggaraan konser jazz.

"Meski itu bertujuan untuk memperkuat eksistensi BNI, seharusnya mereka menggunakan dana promosi, bukan CSR," kata Yenita.

Dalam jumpa pers di Pekanbaru, Rabu kemarin, bos BNI Cabang Utama Pekanbaru, Alwas K. Dt. Permata Alam, mengakui menggunakan dana CSR untuk mensponsori konser jazz. Meski tak tidak merinci besar dana CSR yang digunakan, ia membantah penggunaan dana tersebut menyalahi aturan perusahaan.

BNI menjadi sponsor utama acara yang akan digelar di Pekanbaru, 29 Mei 2010. Pihak bank memberikan kemudahan bagi nasabahnya, seperti pembelian satu tiket mendapat gratis satu tiket untuk pembelian dengan kartu kredit. Selain itu, bagi setiap orang yang membuka rekening baru BNI juga akan mendapatkan bonus satu tiket gratis.

Adapun harga tiket dijual dengan harga Rp150.000 per orang untuk kelas VIP, Rp100.000 untuk kelas tribun, dan Rp50.000 untuk festival. Pergelaran ini akan menampilkan lima musisi papan atas nasional, adalah Maliq n d`essential, Abdul and The Coffe Theory, Ecoutez dan Andien feat Barry Likumahuwa. Sedangkan tiga musisi jazz dari Riau yang akan tampil adalah Geliga, Riau Rhythm Chambers Indonesia, dan Urban Rhythm. Ketua Panitia Penyelenggara, Elvin Vitorio menargetkan 5.000 penonton.(Ant/BEY)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar