Jumat, 28 Mei 2010

Anggota DPRD Tomohon Dua Bulan belum Digaji

Polkam / Rabu, 26 Mei 2010 14:53 WIB

Metrotvnews.com, Manado: Sebanyak 20 anggota DPRD Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut), selang dua bulan belakangan belum menerima gaji. Kendati menyangkut hak anggota legislatif tersebut telah tertata dalam APBD.

"Apa yang menjadi alasan sehingga Pemerintah Kota Tomohon belum membayar dua bulan gaji kami (anggota DPRD), sama sekali tidak jelas. Padahal, dana tersebut tertata dalam APBD 2010," kata Ketua Komisi A DPRD Kota Tomohon Paulus Sembel, Rabu (26/5).

Dia merinci, besar gaji setiap bulan yang menjadi hak anggota DPRD Kota Tomohon mencapai Rp9 juta lebih per orang. Jumlah tersebut mengacu pada peraturan perundang-undangan dan telah ditindaklanjuti melalui pos dana DPRD dalam APBD.

"Makanya, kami anggota DPRD heran kalau dikatakan pemerintah kota belum membayar karena belum ada dana. Ini menunjukkan manajemen pengelolaan administrasi dan keuangan eksekutif tidak beres. Memang laporan hasil pemeriksaan BPK, Kota Tomohon tahun 2008 mendapat opini tidak wajar," jelasnya.

Selain gaji, kata Paulus, hak-hak lain seperti tunjangan kinerja di saat turun ke lapangan juga belum terbayar. Begitu pula dengan pajak kendaraan dinas DPRD yang sudah habis masa berlaku belum dilunasi. Padahal, semua dana itu telah dianggarkan pada APBD.

"Kalau memang masalah ini akan diusut ke ranah hukum silakan, saya siap memberikan keterangan. Toh apa yang saya kemukakan benar. Tidak ada unsur politis, sebab ini menyangkut hak sebagai anggota DPRD. Soal tugas sebagai anggota DPRD tetap berjalan meskipun dua bulan belum menerima gaji," tegasnya.

Wali Kota Tomohon Jeferson Rumajar saat dikonfirmasikan lewat pesan singkat telefon genggam mengatakan, tidak mengetahui hal ini. "Kami belum tahu, mau cek dulu," kilahnya. (MI/ICH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar