Kamis, 27 Mei 2010

Negeri dengan Sejuta Pesona

Internasional / Kamis, 27 Mei 2010 20:34 WIB

ADA banyak tempat unik dan favorit yang dapat menjadi tempat tujuan wisata Anda di negara-negara tetangga. Di antara yang sulit dilupakan adalah daya tarik Singapura, Hong Kong, dan Makau. Seburuk apa pun pengalaman yang barangkali pernah Anda alami, sulit rasanya untuk mengatakan bahwa ketiganya adalah very ordinary places.

Singapura memang tidak memiliki pemandangan alam secantik Indonesia, bernuansa romantis seperti Thailand atau penuh sejarah seperti Vietnam. Namun, atmosfer negara makmur dan kaya etnis ini selalu menarik hati pengelana untuk singgah lantaran tawaran sejuta atraksinya yang menawan.

Kendati hanya memiliki wilayah supermini, tapi berkat maju dan modernnya pengelolaan industri pariwisata, negara tetangga kita, Singapura, telah berhasil menjadi salah satu target kunjungan wisata paling favorit di kawasan Asia Tenggara.

Selama bertahun-tahun Singapura terkenal sebagai pusat bisnis di Asia Tenggara. Singapura memiliki daerah perbelanjaan berkembang yang terletak di distrik Orchard Road. Dipenuhi dengan beberapa pusat perbelanjaan, daerah ini juga memiliki banyak hotel, dan dianggap banyak orang sebagai pusat pariwisata Singapura.

Di sepanjang Orchard Road, berdiri malmal megah. Semua merek fesyen terkenal hadir di sini. Kata orang, banderol harganya lebih murah daripada Indonesia. Jadi tidak salah kalau di sepanjang Orchard Road ini berlalu lalang orang-orang Indonesia.

Seperti Singapura, Hong Kong juga menyimpan berjuta pesona. Kota metropolitan ini adalah juga pusat perbelanjaan yang menawan, membuat mereka yang gila belanja lupa diri saat berburu barang-barang bermerek ke sejumlah mal dan butik eksklusif.

Di malam hari, keindahan Hong Kong, Victoria Harbour, dan Kowloon yang disirami cahaya lampu dari Victoria Peak menjadi sisi lain dari daya tarik mantan koloni Inggris ini.

Kemolekan Hong Kong memang kian terlihat jelas manakala malam tiba. Anda bisa menyaksikan seluruh kota bermandikan cahaya lampu yang memesona. Bahkan seorang fotografer terkenal yang mengabadikan keindahannya di malam hari menyebut Hong Kong dengan sebutan City of Lights.

Keindahan bangunannya, pelabuhannya, bahkan kendaraan bermotor seperti doubledecker buses yang berlalu lalang di jalan raya menjadi fenomena yang sangat memesona.

Hong Kong memang menyimpan sejuta pesona. Keindahannya saat malam, fesyen, dan gaya hidup yang tersohor memang membuat Hong Kong tidak terlupakan bagi siapa pun yang pernah mengunjunginya.

Tidak kalah dengan Hong Kong, Makau pun memiliki daya tariknya sendiri. Salah satu yang terkenal adalah wisata kasino yang telah menjadi identifikasi bekas jajahan Portugal ini.

Bangunan-bangunan peninggalan Portugal masih banyak berdiri megah. Sebanyak 25 situs peninggalan sejarah tergabung dalam Pusat Kebudayaan Makau yang sejak 2005 bahkan resmi masuk daftar World Heritage UNESCO.

Salah satu tempat yang banyak menjadi incaran para turis mancanegara di wilayah ini adalah Ruins of St Paul Church.

Meski kini hanya bagian depan gereja tua itu yang masih kokoh berdiri akibat dihantam tiga kali kebakaran (terakhir 1835), itu tidak mengurangi minat wisatawan untuk mengunjungi bangunan berarsitektur tinggi rancangan pastor berkebangsaan Italia pada 1601. Di lokasi itu kerap digelar pentas budaya.

Bosan dengan yang klasik? Anda tidak akan kesulitan pula menemukan bangunan berarsitektur modern. Jika ingin merasakan nuansa Italia, meluncur saja ke kompleks The Venetian yang mereplika habis suasana Venezia. Bisa juga ke Fisherman's Wharf yang mengadopsi kota-kota pelabuhan di dunia atau Macau Tower setinggi 338 meter.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar