Jumat, 28 Mei 2010

Liburan Hemat ke Pulau Dewata

Sosbud / Kamis, 27 Mei 2010 14:36 WIB

BAGI Anda yang tidak memiliki dana berlebih tidak perlu khawatir untuk berlibur ke Pulau Dewata. Pasalnya, banyak biro perjalanan yang menawarkan paket hemat.

Paket hemat yang mereka tawarkan cukup beragam. Calon wisatawan tinggal memilih mau ambil paket wisata bahari, spa dan spiritual, petualangan, belanja, darma wisata, atau tur liburan.

Tidak hanya itu. Paket-paket tersebut juga sungguh variatif sehingga calon wisatawan dapat leluasa memilih. Apabila belum pernah ke Bali dan tidak tahu harus tinggal di mana, para calon wisatawan dapat memilih paket yang dikemas dengan penginapan.

Bagi wisatawan dengan bujet terbatas, paket tersebut cukup berharga. Dengan harga mulai dari Rp650 ribu, wisatawan sudah mendapat penginapan, fasilitas jemput dan antar ke bandara, makan pagi, siang dan malam, tiket masuk objek wisata, serta transportasi.

Jika ingin menginap di hotel berbintang empat atau lima, mereka hanya perlu menambah Rp400 ribu-Rp500 ribu. Walaupun harga paketnya terbilang murah, wisatawan tetap dapat menyaksikan aneka pertunjukan seperti tari barong dan mengunjungi objek wisata terkenal Gua Gajah, Kintamani, Tampak Siring, dan Pasar Seni Sukawati.

Jika sudah mempunyai akomodasi, calon wisatawan sebaiknya memilih paket tanpa penginapan. Paket semestinya lebih murah ketimbang yang dikemas dengan penginapan. Tur umumnya terbagi menjadi dua, yaitu paket sehari dan setengah hari.

Bagi yang tidak ingin repot, paket tur yang menghabiskan waktu sehari penuh perlu dipertimbangkan. Tur sehari penuh biasanya dimulai pada pagi hari dan berlangsung selama 9 jam.

Ambil contoh paket Kintamani Tour yang ditawarkan www.balihemat.com. Tur diawali pukul 08.30 Wita dengan rute Batubulan, pusat kerajinan emas dan perak di Celuk, pusat kerajinan kayu di Desa Mas, Gua Gajah di Desa Bedulu, Kintamani, Pura Tirta Empul di Tampak Siring, dan Pasar Seni Sukawati.

Lain dengan tur sehari penuh, tur setengah hari hanya membutuhkan waktu sekitar 5 jam. Beberapa paket tur setengah hari yang tersedia sekarang ialah Denpasar Tour, Ubud Tour, Uluwatu Tour, Tanah Lot Tor, dan Kecak Tour.

Paket-paket wisata itu umumnya sudah termasuk transportasi dengan kendaraan ber-AC, pemandu wisata, sumbangan di objek wisata dan parkir. Makan siang peserta tur sehari penuh juga biasanya sudah ditanggung biro perjalanan.

Bagi yang tidak berminat mengikuti tur, menyewa kendaraan akan memudahkan mereka untuk berkeliling. Selain itu, memungkinkan wisatawan menghemat biaya transportasi.

Kendaraan yang dapat dipilih, antara lain AVP, Kijang kapsul, dan Isuzu Elf. AVP dan Kijang kapsul berkapasitas enam orang dan Isuzu Elf 10 orang. Tarif sewa AVP dan Kijang kapsul sekitar Rp350 ribu untuk 10 jam. Isuzu Elf Rp650 ribu untuk 10 jam.

Agar pengeluaran saat berlibur di Bali tidak membengkak, ada baiknya membuat perencanaan liburan yang matang. (MI/ICH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar