Senin, 03 Januari 2011

Dasar Teknik Bermain Billiard

Dasar Teknik Bermain Billiard

Teknik bermain billiard adalah pengetahuan yang harus dikuasai seseorang yang ingin bermain billiard. Hal ini terkait permainan di atas meja ini, tidak mengandalkan kekuatan fisik pemainnya. Melainkan kemampuan teknik bermainlah yang akan menentukan kualitas permainan seseorang.

Semakin tinggi kemampuan teknik bermain billiard seseorang, maka dia akan dengan mudah mengarahkan bola yang diincarnya untuk masuk ke dalam lubang sasaran. Termasuk ketika bola sasaran berada pada posisi yang kurang menguntungkan untuk dipukul.

Dengan memiliki teknik bermain billiard yang baik, seorang pemain bisa menembak bola sasaran, meski pun posisinya kurang menguntungkan. Di antaranya dengan menggunakan trik pukulan tertentu yang menimbulkan efek laju bola putih.

Untuk menguasai teknik bermain billiard yang baik, seseorang tidak hanya bisa mengandalkan teori semata. Selain teori, kemampuan teknik bermain juga harus diasah melalui latihan yang rutin dan kontinyu. Hal ini akan bermanfaat untuk mendukung ketrampilan seseorang dalam bermain billiard.

Teknik Pukulan Billiard

Pada dasarnya, dalam permainan billiard, ada empat jenis pukulan dasar dalam tekhnik bermain billiard yang harus diketahui dan dikuasai. Keempat jenis pukulan tersebut yang pada nantinya akan divariasikan sesuai dengan kondisi yang dihadapi seseorang di atas meja billiard. Keempat jenis pukulan dasar tersebut adalah :

1. Stop Shoot

Dikenal juga dengan Stop Stroke, dan merupakan jenis pukulan termudah dalam permainan billiard. Titik pukul stik dilakukan tepat di tengah-tengah bola putih. Efek yang dilakukan adalah, bola akan berhenti di tempat, jika dipukul sejajar dengan bola sasaran. Jika pukulan tidak dilakukan secara sejajar, laju bola tidak akan berjalan terlalu cepat atau terlalu lambat.

2. Draw Shoot

Teknik ini dilakukan dengan cara memukul bola putih sedikit di bawah titik tengah. Efek dari pukulan ini adalah bola akan berjalan mundur setelah terkena bola sasaran. Ini terjadi jika bola sasaran dipukul secara sejajar. Sedangkan jika tidak sejajar, sudut pantul bola akan lebih lebar.

3. Follow Shoot

Teknik bola ini dilakukan dengan cara memukul bola putih sedikit di atas garis tengah. Efek yang terjadi adalah apabila bola sasaran dipukul secara sejajar, bola putih akan berjalan maju. Sedangkan jika tidak sejajar, bola putih akan memiliki sudut pantul yang lebih sempit, serta memiliki laju yang lebih cepat.

4. Spin Shoot

Pukulan dalam teknik bermain billiard ini dilakukan dengan cara memukul bola sedikit di kiri atau kanan titik tengah bola putih. Efek yang ditimbulkan dari jenis pukulan ini adalah, laju bola akan bergerak ke arah yang tidak terduga setelah terkena bola sasaran atau pun memantul ke tepi meja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar