Senin, 03 Januari 2011

Cara Meraih Percaya Diri – Bertahap

Cara Meraih Percaya Diri – Bertahap

Banyak cara yang bisa kita gunakan untuk meraih percaya diri. Saat ini akan saya jelaskan bagaimana cara meraih percaya diri dengan teknik bertahap.

Teknik ini sangat ampuh, sebab akan mengurangi ketakutan Anda untuk memulai. Memang diperlukan berlatih, sebab latihan ini akan membangun mental percaya diri secara bertahap. Latihan kata kuncinya.

Kebanyakan orang, takut untuk melakukan sesuatu karena terlihat begitu tinggi. Anda melihat lantai 20 begitu tinggi jika Anda berada di lantai dasar. Namun tidak begitu tinggi jika Anda berada di lantai 19. Artinya untuk meraih percaya diri pada level tertentu, Anda harus mencapainya secara bertahap seperti naik ke gedung tinggi.

Cara Meraih Percaya Diri

Cara meraih percaya diri ini bisa diaplikasikan untuk berbagai bidang. Contoh dibawah adalah penerapan terhadap kepercayaan diri saat berbicara di depan umum.

  • Pilihlah satu tindakan dimana Anda merasa kurang percaya diri melakukannya. Misalnya bicara di depan umum
  • Tetapkan tolak ukur keberhasilan dari aktivitas tersebut. Ini penting, untuk membangun kepercayaan diri. Tidak ada target, tidak ada sukses. Sukses yang membekas akan membangun kepercayaan diri.
  • Contoh tolak ukur: berbicara saat rapat, Anda bisa menetapkan berbagai tolak ukur seperti berani berbicara, berbicara tanpa gemetar, birbicara tanpa kelu, berani menatap peserta rapat saat bicara, berani menatap bos Anda, dan sebagainya.
  • Tetapkan target Anda. Saat ini Anda takut untuk berbicara, tagetkanlah untuk berani berbicara meskipun hanya beberapa patah kata.
  • Setelah satu target terpenuhi, tingkatkan target Anda misalnya berbicara tanpa gemetar (jika masih).
  • Terus lakukan sampai Anda bisa mencapai semua keberhasilan yang Anda tetapkan Bersyukur dan buat perayaan, sekecil apapun.

Anda bisa melakukan langkah-langkah yang sama untuk meraih percaya diri pada bidang lain, misalnya dengan keterampilan tangan. Contohnya kemampuan Anda membuat miniatur kapal laut. Contoh nyatanya ialah ada seseorang yang tangannya dianggap tidak terampil selama 40 tahun. Jangankan membuat miniatur kapal laut, memasang paku ditembok saja tidak bisa. Tetapi setelah melakukan latihan seperti metode di atas, dia bisa membuat miniatur kapal laut yang sangat detil. Rasa percaya dirinya tumbuh. Dia menjadi percaya diri dengan teknik ini.

Inti dari strategi ini ialah peningkatan secara terus menerus. Sedikit demi sedikit tetapi jika Anda lakukan secara kontinyu Anda bisa menjadi seseorang yang mahir dan percaya diri dengan mudah. Anda juga bisa mahir berbisnis jika Anda mulai sekarang mulai berbisnis mulai dari kecil terlebih dahulu. Biasakanlah sehingga suatu saat Anda akan mahir berbisnis. Jika mental Anda tidak siap dengan sesuatu yang besar, maka mulailah dengan sesuatu yang kecil tetapi cukup menantang.

Memang teknik ini tidak menghasilkan rasa percaya diri dengan cepat. Tetapi hasil dari strategi ini akan mendalam dan berbekas yang lama. Dalam pelatihan yang saya selenggarakan, saya selalu menggabungkan konsep lambat tetapi membekas dengan konsep cepat. Setelah pelatihan Anda langsung meraih percaya diri dan terus membekas di dalam diri Anda melalui latihan yang saya uraikan di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar